Home / Atasan Kebaya Modern / 6 Cara Mudah Merawat Kebaya Brokat Agar Tetap Awet

6 Cara Mudah Merawat Kebaya Brokat Agar Tetap Awet

Cara Merawat Kebaya Brokat - Bagi Para Wanita di Indonesia, tentunya sudah tidak asing lagi dengan pakian kebaya. Sebuah busana yang sering dikenakan saat menghadiri acara-acara adat dan juga acara resmi.

Bila anda perhatikan di pasaran, hampir sebagian besar baju kebaya yang tersedia, itu terbuat dari bahan kain brokat dengan hiasan payet. Di dalam perawatannya, bahan brokat ini perlu perlakuan khusus dari pemiliknya agar tidak mudah rusak.

Bila anda masih kebingungan mengenai bagaimana Cara Merawat Kebaya Brokat dengan benar. Yuk simak beberapa tips dari Kain Baliya berikut ini!

1. Hindari Mencuci Kebaya Terlalu Sering

Cara Mencuci Kebaya Brokat
Cara Mencuci Kebaya Brokat

Pertama, hal yang perlu anda untuk tau ialah hindari mencuci kebaya brokat terlalu sering, agar baju kebaya bisa tetap awet dan tidak cepat rusak.

Tekstur kain dari kebaya yang sering dicuci akan cepat mengalami kerusakan dan warnanya pun juga akan cepat memudar.

Apabila anda hanya mengenakannya sebentar dan tidak ada noda kotoran yang terlihat. Maka anda cukup menjemurnya atau menggantungnya di ruangan terbuka.

Dan pastikan juga, hindari terkena paparan sinar matahari secara langsung, agar warnanya tetap terjaga.

2. Gunakan Jeruk Nipis Untuk Hilangkan Noda

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Apabila terdapat noda kotoran pada kebaya brokat anda. Jeruk nipis merupakan senjata yang ampuh untuk melenyapkan noda tersebut.

Caranya tidak begitu susah, cukup ambil satu buah jeruk nipis yang masih segar. Lalu, potong menjadi 2 bagian dan gunakan air perasannya tepat di atas noda kotoran tersebut.

Anda bisa menggosoknya secara lembut dan perlahan dengan tangan hingga noda tersebut hilang. Hindari penggunaan sikat yang kasar dalam hal ini, sebab itu dapat merusak kain brokat dengan cepat. 

Setelah itu, anda bisa langsung membilasnya hingga bersih.

3. Baju Kebaya Brokat Tidak Perlu Disetrika

Hindari Menyeterika Kebaya
Hindari Menyeterika Kebaya

Setelah kebaya anda terasa kering, sebenarnya anda sudah bisa langsung menyimpannya tanpa perlu melewati proses penyetrikaan.

Namun, bila hendak menyemprotkan pelembut pakaian. Disarankan untuk menyiapkan sebuah alas lapisan (selembar kertas tipis) agar tidak bersentuhan langsung dengan kain brokat. Hal ini bertujuan agar warna payet tidak cepat memudar.

4. Lipat Rapi Kebaya Ketika Disimpan

Menyimpan Kebaya
Menyimpan Kebaya

Ketika ingin menyimpan baju kebaya brokat, sebaiknya lipat terlebih dahulu dengan rapi. Lalu, simpanlah sebuah kotak kertas (box) dengan ukuran kira-kira 40 cm x 25 cm dengan tinggi 10 cm (tergantung kebutuhan anda).

Hindari menyimpan kebaya dengan cara di gantung, karena bahan kain brokat ini bersifat elastis (mudah melar).

Baca juga: Pilihan Model Baju Seragam Pagar Ayu Yang Modis

5. Gunakan Silica Gel Selama Penyimpanan

Silica Gel
Silica Gel

Dalam masa waktu penyimpanannya, sebaiknya jangan memakai kapur barus atau kamper. Karena kandunagn kapur barus dapat merusak bahan kebaya.

Sebagai gantinya, anda bisa menggunakan silica gel untuk menyerap kelembaban yang berlebihan dan mencegah pertumbuhan jamur.

6. Ingatlah Untuk Mengecek Kebaya Brokat Sebulan Sekali

Mengecek Kebaya
Mengecek Kebaya

Terakhir, pastikan anda selalu ingat melakukan pengecekan setiap sebulan sekali. Keluarkan baju brokat anda dari kotak penyimpanan, lalu angin-anginkanlah beberapa saat.

Ini bertujuan untuk memastikan kebaya brokat kesayangan anda tidak diserang oleh ngengat ataupun bau yang tidak sedap (apek).

Setelah membaca beberapa tips mudah diatas, tentunya anda sudah tahu apa yang harus dilakukan agar kebaya anda bisa tetap awet dan tahan lama. Selamat Mencoba!