Home > Angkul Angkul Batu Bata > Pagar Tembok Rumah Batu Bata Bali

Pagar Tembok Rumah Batu Bata Bali

Kontak Untuk Tanya Detail Tentang Angkulangkul :
Hubungi Via Telphone
Hubungi Via Whatsapp

Bagi anda yang ingin memiliki rumah dengan tampilan yang estetik, mungkin pagar tembok rumah batu bata Bali bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda.

Material batu bata terbuat dari bahan cetakan tanah liat yang telah melewati proses penjemuran dan pembakaran. Batu bata yang sudah matang akan menawarkan warna merah yang sangat khas.

Warna merah inilah yang membuat pagar dengan bahan batu sangat unik bila dibandingkan dengan bahan material pagar rumah lainnya.

Pagar Tembok Rumah Batu Bata Bali

Harga Pagar Batu Bata Rumah Di Bali
Harga Pagar Batu Bata Rumah Di Bali

Pagar tembok rumah ini juga sering disebut dengan nama tembok penyengker oleh masyarakat Bali. Fungsi utamanya memang dibuat sebagai pembatas suatu area rumah, pura, atau puri (tempat tinggal bangsawan).

Selain sebagai pembatas rumah, pagar tembok ini juga memiliki fungsi sebagai pelindung secara spiritual. Pelindung yang dimaksud disini adalah pelindung dari berbagai gangguan dari luar rumah baik yang bersifat sekala maupun niskala (tak kasat mata).

Agar suatu pagar rumah dapat memiliki fungsi spiritual, masyarakat biasanya akan membuatkan upacara untuk pagar tembok ketika selesai dibuat. Upacara ini dilakukan mengikuti hari-hari suci tertentu.

Bentuk Pagar Rumah Batu Bata Bali

Pagar Minimalis Gaya Bali Tradisional
Pagar Minimalis Gaya Bali Tradisional - sumber: pinterest.com

Bentuk pagar rumah Bali umumnya dilengkapi beberapa paduraksa atau pilar kokoh yang diletakan di setiap sudut rumah. Fungsi pilar  kokoh ini adalah sebagai penghubung satu sisi tembok dengan sisi yang lainnya.

Di bagian atas dari paduraksa, biasanya diletakan hiasan berupa ornamen pahatan batu alam atau juga patung-patung tradisional yang dapat memberikan kesan yang lebih estetik dan indah.

Bagian depannya, dibuat menyatu dengan sisi kanan dan sisi kiri bangunan pintu masuk atau yang biasa disebut dengan angkul-angkul, yang mana biasanya juga dihiasi dengan patung penjaga.

Agar pagar batu bata jelas di malah hari, biasanya juga dipasang beberapa penerangan berupa lampu. Lampu yang dipakai biasanya yang memiliki warna yang kuning untuk menciptakan nuansa yang hangat pada tampilan pagar batu bata.